728x90 AdSpace

latest post
Sunday, November 27, 2016

Puncak Pringgitan Puncak Surganya Ponorogo

Seputaranponorogo.blogspot.com,- Semua tentang Ponorogo !!! Memang tak bisa terlepas dari semua tradisi dan ke eksotisan alam yang di sajikan. Walaupun cara pencangkupannya masih terbilang masih biasa namun cara penyajiannya sangat mempesona. Seperti pada Puncak Pringgitan yang akan kita bahas kali ini.



puncak Pringgitan
Dari puncak Pringgitan, kita bisa menikmati pemandangan kota Ponorogo pada malam hari
Kali ini sobat Seputar Ponorogo akan mengajak anda berkeliling menikmati eksotisme dari kota Reyog ini. Di bagian selatan Ponorogo terdapat sebuah puncak dimana kita bisa menikmati pemandangan gemerlapnya suasana kota Ponorogo di malam hari. Iya sobat, di malam hari. Karena dari atas puncak dengan ketinggian kurang lebih 606 MDPL nanti kita akan menikmati suasana gemerlapnya kilauan lampu kota Ponorogo di malam hari.

Sekilas Tentang Pringgitan


puncak pringgitan
Suasana mejelang terbitnya matahari
Pringgitan, itulah namanya. Sebuah puncak yang berada di salah satu gunung di Ponorogo bagian selatan, atau tepatnya di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Ponorogo. Yang berada kurang lebh 27 KM dari pusat kota Ponorogo sendiri. Walaupun masuk Desa Caluk, puncak Pringgitan sendiri sebenarnya terletak diantara tiga desa yang berbeda. Desa itu antara lain Desa Kabeng, Broto dan Caluk sendiri,


“Lantas apa yang menjadi daya tarik dari puncak tersebut ? Apakah hanya melihat lampu kota saja ?”. Terkadang ada orang yang mempunyai tanggapan seperti itu. Namun itulah ciri khas yang dapat di sajikan di alam puncak Gunung Pringgitan ini. Tapi bagi jiwa traveler sejati hal semacam itulah yang dijadikan sebagi dayak tariknya sendiri.


Di atas puncak nanti selain dapat menikmati pemandangan kota pada malam hari, kita juga akan di sambut oleh munculnya sang surya dari ufuk barat di antara himpitan awan - awan dan pegunungan yang akan membuat kemunculan sang surya ini begitu eksotis dan sangat cocok untuk di abadikan sebagai dokumenter yang menarik menjelang pagi. Ada juga beberapa gerombolan kera yang akan memberi salam kepada kita dengan cara khas mereka yang menggemaskan. Tentunya dua hal itu yang pasti kita dapatkan setelah berada di pundak Pringgitan.


Tapi seperti bias bagi seorang traveler sejati pastinya faham dengan kondisi medan yang harus di lalui demi mencapi puncak ke eksotism tersebut. Medan yang menanjak, bebatuan besar yang harus di lewati, hawa dinginnnya malam belum serangan hewan melata yang suatu saat bisa menerkam kita. Pastinya akan mendapingi kita selama dalam perjalanan. Bukankah hal yang menantang sobat ?. Jika kita berangkat bersama - sama dengan teman atau regu pastinya akan menumbuhkan rasa tolong menolong dalam mencapai titik puncak tersebut. Di bawah rimbunnya pohon pinus ini kita akan di uji seberapa pedulikah kita terhadap teman atau regu kita. Itulah yang menjadi daya tarik jika kita berani mencoba menanjakkan kaki kita di Puncak Pringgitan.


puncak pringgitan
Tim pendaki pict by fb: Roni Goses


Bagaimana Kita Kesana ?

Lalu jika kita pendatang baru dari luar kota dan sama sekali belum tau tentang lokasi Puncak Pringgita secara langsung dan hanya bermodalkan tau dari google saja. Bagaimana kita dapat menujunya ?.


Untuk masalah rute, sebenarnya rute yang akan kita lalui tidaklah sulit bahkan dibilang cukup mudah. Dimulai dari pusat kota Ponorogo, kita dituju untuk menginjak pedal ke arah selatan atau jalur ke Pacitan. Ikuti jalan besar sampai kita menemui jembatan di barat pasar slahung tadi. Sampai di jembatan lurus sedikit dan perhatikan kiri jalan ada balai desa Caluk. Berhenti lalu lihat kanan jalan, di sebelah makam ada jalan menanjak. Itulah jalan menuju puncak Pringgitan sobat. Sampai disitu kita bisa bertanya langsung kepada penduduk sekitar tentang dimana lokasi puncak Pringgitan tersebut.



Jangan lupa bagi yang mau menikmati suasana memuncak di Gunung Pringgitan. Kami akan memberikan sedikit inrmasi mengenai apa saja yang harus kita persiapkan sebelum memulai aksi traveling kita nanti.



1. HP/kamera hal yang wajib anda bawa yang pertama yaitu HP/Kamera, guna mengabadikan setiap momen ketika kita berada di puncak nanti

2. Makan dan Minuman jika kita beniat melakukan traveling kesana jangan lupa menyiapkan bekal untuk hidup disana.

3. Sarana Untuk Tidur Ala Pramuka pastiny juga tidak boleh ketinggalan

4. Dan yang paling penting yang terkhir adalah kondisi fisik dan kendaraan dan yang paling penting adalah do’a supaya bisa selamat sampai tujuan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. penulis artikel nya keren gan, semoga bermanfaat untuk lainnya, ditunggu sharingnya lagi

    ReplyDelete

Item Reviewed: Puncak Pringgitan Puncak Surganya Ponorogo Rating: 5 Reviewed By: Unknown